Posisi Tidur Yang Manakah Anda?

POSISI TIDUR YANG MANAKAH ANDA?

Saat tiba waktunya untuk beristirahat malam, tidak semua posisi tidur memiliki efek positif yang sama bagi kesehatan. Sepertiga hidup kita dihabiskan untuk tidur. Jadi sudah sewajarnya jika kita mulai memperhatikan faktor-faktor yang mendukung tidur yang sehat.

Posisi tidur yang kurang tepat antara lain berdampak pada sulit tidur, tidur tidak nyenyak, atau bangun tidur dengan kondisi tubuh pegal.  Selain itu berpengaruh terhadap pertumbuhan tubuh, khususnya tulang belakang. Bagaimana posisi tidur Anda? Cara tidur yang baik selain Anda dapat bangun dengan segar  ternyata dapat memperpanjang umur Anda lho dan mengurangi risiko sakit punggung dan pegal-pegal.

Tidur miring

Bila Anda merasa nyaman dengan tidur miring, sebaiknya Anda miringkan badan ke arah kanan. Seperti halnya tidur telungkup, tidur dengan posisi miring ke kiri akan membebani jantung dengan berat badan Anda. Pada saat yang sama, jantung masih harus memompa darah. Hal ini mengakibatkan kelelahan jantung dan nyeri panas di bagian dada (heartburn)

Posisi tidur miring yang terbaik adalah “cara tidur bayi” yaitu dengan punggung melengkung dan kaki sedikit menekuk ke arah dada. Posisi ini mengurangi tekanan pada tulang punggung, memudahkan pernafasan, dan membebaskan organ-organ tubuh. Gunakan bantal yang sedikit keras seperti Dreams Pillow di bawah kepala dan leher untuk mengurangi tekanan di pundak. Sisipkan bantal di antara kedua kaki agar tumpuan badan tidak terlalu berpusat di pinggul dan menimbulkan pegal-pegal.

Tidur telentang

Tidur telentang sangat baik bila Anda memiliki nyeri punggung. Menyisipkan bantal/ guling di bawah paha atau dengkul kaki bermanfaat untuk mengurangi beban punggung bagian bawah dan untuk membantu mempertahankan kurva normal dari punggung bagian bawah (pinggang). Bisa menggunakan bantal Ergo Pillow di bagian yang tingginya dan gunakan Dreams Pillow sebagai penyangga di bawah paha/ dengkul kaki.

Tidur tengkurap

Ini adalah posisi tidur yang paling buruk karena menekan jantung, paru-paru dan perut. Menurut Johanthan FitzGordon, pakar postur tubuh, tidur dalam posisi ini akan merusak lengkung alami punggung belakang. Namun, bila karena sesuatu hal Anda harus tidur tengkurap, gunakan bantal di bawah perut dan pinggang. Hindari penggunaan bantal di kepala atau kecilkan ukurannya karena akan menekan leher Anda. Anda bisa menggunakan Ergo Pillow dibagian yang rendahnya.

Hampir setiap orang berganti-ganti posisi pada saat tidur. Posisi saat Anda mulai tidur mungkin berbeda dengan saat bangun. Perubahan posisi seperti itu wajar saja, asal tidak berlebihan. Untuk mengurangi pergantian posisi yang terlalu sering sehingga membahayakan tubuh Anda, gunakan bantal yang nyaman dan sehat seperti bantal BeeDreams dan bersihkan sprei atau badcover agar tidak menimbulkan gatal.

Sumber: Majalah Kesehatan,  kompashealth.com,  Huffingtonpost.com, mayoclinic

CHAT WITH US YM